KEGIATAN UJIAN NASIONAL PAKET A, B dan C TAHUN ANGGARAN 2018

Latar Belakang

Upaya yang dilaksanakan Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa bukan melalui Pendidikan formal saja,akan tetapi juga, dilaksanakan melalui pendidikan nonformal. Karena, itu pendidikan nonformal memiliki peranan fungsi yang strategis pula dalam bidang pendidikan .

Peranan Pendidikan nonformal secara khusus tertuang dalam Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional pasal 26, yaitu pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga, masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambahan, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.

Kementerian Pendidikan dalam hal ini Ditjen PAUDNI menunjukan bahwa Profesionalisme tenaga kependidikan menjadi factor penentu utama dari upaya peningkatan mutu pendidikan nasional, demikian pula haknya dalam mutu pendidikan Nonformal. Disamping itu program peningkatan mutu Pendidikan Nasional ini juga berdimensi jalur pendidikan itu sendiri   (Formal,Nonformal,Informal) oleh sebab itu program peningkatan mutu pendidikan ini haruslah menjangkau seluruh daerah dan meliputi pula jalur Nonformal dan informal.

Melalui jallur Bidang PAUDNI Kota Bengkulu mempunyai tugas dan fungsi yang diataur dalam Peraturan Walikota Nomor 05 tahun 2007 yang telah direvisi melalui Pearturan Walikota nomor 06 b tahun 2008 dengan tugas mel aksanakan sebagai kewenangan desentralisasi Dinas Pendidikan dibidang nonformal meliputi Pendidikan Luar Sekolah,Pemuda dan Olahraga sesuai dengan kebutuhan

Pendidikan kesetaraan merupakan bentuk layanan pendidikan nonformal  yang diharapkan dapat berkontribusi lebih banyak terutama dalam mendukung suksesnya program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun (Wajar Dikdas 9 Tahun) yang dicanangkan pemerintah sejak tahun 1994, yakni melalui penyelenggaraan program pendidikan kejar Paket A dan Paket B, serta perluasan akses pendidikan menengah melalui penyelenggaraan program Paket C.

Landasan Hukum

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Pasal 1 ayat 3 menjelaskan, Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Kemudian dijabarkan dengan Pasal 5 s.d Pasal 18 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah; dan implementasinya dijelaskan dengan Pasal 25 s.d Pasal 27 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Kemudian dikerucutkan lagi dengan  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2007 Tentang Standar Isi untuk program paket A, program paket B, dan program paket C yang mencakup: Beban Belajar dan Struktur Kurikulum, dan  Beban Belajar, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kalender Pendidikan. Peraturan yang menjelaskan lebih lanjut mengenai Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan adalah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah menegaskan beberapa poin penting berikut : Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) dikembangkan berdasarkan tujuan setiap satuan pendidikan, yakni: a) Pendidikan Dasar, yang meliputi SD/MI/SDLB/Paket A dan   SMP/MTs./SMPLB/Paket B bertujuan: Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. b) Pendidikan Menengah yang terdiri atas SMA/MA/SMALB/Paket C bertujuan: Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut

Pelaksanaan, Waktu  dan Tempat

Penyelennggaraan Ujian Nasional Paket A pada hari Senin s/d Kamis tanggal 9 s/d 12 April tahun 2018 yang bertempat di SD N 22 Kota Bengkulu.

Pelaksanaan program kegiatan paket B se-Kota Bengkulu. Dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 12 April 2018 yang diikuti oleh peserta sebanyak 279 calon peserta ujian dari 27 PKBM se-Kota Bengkulu  bertempat di SMA 2, SMK N 1, SMK N 3 dan SMA M.4  Kota Bengkulu.

Pelaksanaan program kegiatan paket C se-Kota Bengkulu. Dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 5 April 2018 yang diikuti oleh peserta sebanyak 574 calon peserta ujian dari 32 PKBM se-Kota Bengkulu , Kegiatan dibuka oleh kepala bidang PAUDNI Dona Loisa Putri, SH. yang bertempat di SMA 2, SMK N 3,SMK N1 dan SMA Muhamadiyah 4 Kota Bengkulu

paket a 1 paket a 2 paket a peket a 1paket b 1 paket b 2 paket b16 20 23