kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SD/MI Negeri/Swasta Se- Kota Bengkulu Tahun 2018

Pendidikan sebagai salah satu unsur kebudayaan memiliki peran yang strategis saat ini, demikian pula halnya dengan bahasa sebagai media komunikasi yang sangat penting. Apabila dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan, hal itu akan berdampak signifikan bagi perkembangan bangsa indonesia. Siswa sebagai generasi muda penerus bangsa harus memiliki bekal pendidikan kognitif,afektif, dan motorik yang selaras dan seimbang.

Kesenian merupakan salah satu wahana bagi manusia untuk mengekspresikan diri pada zamannya. Kesenian juga memiliki posisi yang strategis dalam dunia pendidikan. Melalui kegiatan seni, siswa akan mampu mengasah kepekaan hati dan nurani yang pada akhirnya akan memperhalus budi pekerti dan tingkah lakunya.

Sebagai upaya memberikan ruang bagi kreativitas dan potensi siswa SD/MI di Bidang seni dan sastra, perlu diselenggarakan suatu aktivitas yang mampu memadahi ekspresi siswa. Kegiatan itu diharapkan mampu mewadahi berbagai bentuk seni dan sastra serta mampu mengangkat potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat memberikan prestasi dan kebanggaan bagi dunia pendidikan khususnya, dan Bangsa Indonesia umumnya.

Hal tersebut diatas yang menjadi dasar kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SD/MI Negeri/Swasta Se- Kota Bengkulu Tahun 2018.

Tujuan diselenggarakannya Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah ;

  1.  Memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik  dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.
  2. Mengembangkan eksperesi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik.
  3. Membina, meningkatkan kreatifitas, dan memotivasi peserta didik untuk mengeksperesikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya.
  4. Menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra, khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
  5. Menumbuhkembangkan sikap sportivitas dan kompetitif peserta didik sejak dini, yang merupakan bagian dari pendidikan karakter, serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi peserta didik

Bidang yang dilombakan : Lomba Menyanyi Tunggal,  Lomba Seni Tari, Lomba Pantomim dan Lomba Gambar Bercerita

Untuk peserta SD/MI  yang mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) berjumlah 85 orang. Dengan hasil Juara Ke- 1 akan mewakili Kota Bengkulu ke Tingkat Provinsi. diselenggarakan tanggal 10 s/d 11 April 2018 di SMKN 3 Kota Bengkulu

Daftar pemenang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SD/MI Se- Kota Bengkulu Tahun 2018

NO

CABANG LOMBA

NAMA SEKOLAH

NAMA SISWA

PERINGKAT

1.

Lomba Menyanyi Tunggal; SD Pelita Kasih Kevin Gabriel Pakpahan

Juara I

SDIT Hidayatullah Yuki Audrel

Juara II

SD Negeri 19 Rahmat Azril Al Muflih

Juara III

2.

Lomba Seni Tari SD Negeri 8
  1. Hana Callysta
  2. Nazzahra Zazila
  3. RA. Keisya Maharani

Juara I

SD Negeri 4
  1. Putri Pricilia
  2. Salsa
  3. Greeta

Juara II

SD Negeri 36
  1. Dwi Cahya Mardatillah
  2. Firzatun Rahma Pertiwi
  3. Vaherin Deva Clarita

Juara III

3.

Lomba Pantomim SD Negeri 8 Fathir Lidya Widodo

Juara I

SD Sint Carolus Bethany Lidya Marpaung

Juara II

SD Negeri 16 Nelvy Lauria Finhar

Juara III

4.

Lomba Gambar Bercerita MIN 2 Kota Bengkulu M. Julian hawel

Juara I

SDIT IQRA 1 Diandra Rifky Rahmaya

Juara II

SDIT Generasi Rabbani Meisya Nadia Syifa

Juara III

_MG_0028 _MG_0030 _MG_0043 _MG_0046 _MG_0084 _MG_0085 _MG_0093 _MG_0120 _MG_0133 _MG_0164 _MG_0176 _MG_0188 _MG_0213 _MG_0214 _MG_0225 _MG_0226 _MG_0232 _MG_0241 _MG_0247 _MG_0269